Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Tanah Laut Tahun Akademik 2017/2018

Pada tahun akedemik 2017/2018 Politeknik Negeri Tanah Laut Menerima sebanyak mahasiswa 239 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa jurusan Teknik Informatika sebanyak 112 orang, mahasiswa baru jurusan Teknologi Industri Pertanian sebanyak 76 orang, mahasiswa baru jurusan Mesin Otomotif sebanyak 51 orang.

Sebagai mahasiswa baru tentunya perlu dibekali pengetahuan umum tentang Politeknik Negeri tanah  Laut dalam memasuki kehidupan kampus yang memerlukan kesiapan akademis, Psikologis dan, sosial.

PKKMB merupakan kegiatan pengenelan kampus ke mahasiswa baru yang diselenggarakan di Aula terbuka  Politeknik Negeri Tanah Laut pada tanggal 1 Agustus 2017 sampai dengan 4 Agustus 2017.

Arah kegiatan kampus di Politeknik Negeri Tanah Laut mengacu pada:

Surat Edaran Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 468/B/SE/2016 tanggal 26 Juli 2017 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan PKKMB tahun ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut Dr. Mufrida Zein S.Ag., M.Pd., dengan mengangkat tema “Melalui Pengenalan kampus, Tingkatan Wawasan Kebangsaaan, Pancasila, dan Enterpreneurship” dengan harapan dapat dijadikan sebagai momen yang tepat untuk menyampaikan mengenai sistem pendidikan di Politeknik Negeri tanah Laut , baik bidang akademik maupun non akademik, menanamkan sikap mandiri bagi mahasiswa, menanamkan pendidikian karakter yang berlandaskan Pancasila sebagai ideology bangsa, serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari – hari.

Dalam sambutannya direktur beliau menyampaikan agar para mahasiswa baru (MABA) terampil, rajin, senang berkegiatan yang positif, sesuai dengan tradisi akademik kita, yaitu praktik, baca buku, penelitian pengabdian, bergotong royong dan menolong orang lain, sehingga lulusannya nanti akan terlihat akan terlihat menjadi orang yang rajin dan cerdas, karena intelektualnya selalu dilatih dikampus kita.

Acara selajutnya diisi materi yang disampaikan oleh Dewan penyantun Drs. Sihabuddin Chalid., M.M.Pd adalah Pentingnya Pendidikan tinggi dalam menyongsong Tanah laut menuju daerah industri dan pelabuhan, dan Nilai Budaya dan etika keilmuan PT serta Sejarah Politeknik Negeri Tanah Laut.

kemudian Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut memberikan materi kepada mahasiswa baru “tentang visi dan misi dan pengembangan Politeknik Negeri Tanah laut”.

 Terakhir materi di berikan oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik Politeknik Negeri Tanah Laut tentang “Kebijakan Pendidikan dan Kegiatan Akademik di Politeknik Negeri Tanah Laut.

Pada hari kedua kegiatan PKKMB  diisi dengan materi yang diwajibkan oleh Politeknik Negeri Tanah Laut secara umum adalah Menuju Mahasiswa Berkaraker Beriman dan Bertaqwa, Pergaulan dan Kenakalan Remaja Narkoba dan Radikalisme,

 Dengan adanya materi – materi diberikan tentu mahasiswa baru ingin bertanya – tanya dengan pemateri mengenai materi yang disampaikan oleh pemateri, mahasiswa baru sangat antusias mengingat materi yang disampaikan sangat bermanfaat.

Pada hari ketiga rangkaian kegiatan PKKMB Politeknik Negeri Tanah Laut adalah materi yang disampaikan oleh Wakil Direktur III Politeknik Negeri Tanah Laut, kemudaian Nasionalisme dan Cinta Tanah Air yang disampaikan oleh Kodim 1009

Pada akhir kegiatan PPKMB pada hari keempat  mahasiswa baru melakukan pengenalan Tri Drama Perguruan Tinggi dengan menanamkan jiwa pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat dan Penanaman Pohon. Kegiatan ini berlangsung di wilayah desa Panggung, Mahasiswa Baru melakukan kegiatan ini di dampingi oleh Badan Esekutif Mahasiswa dan DPM Politeknik Negeri Tanah Laut serta panitia PKKMB.

Sumber : Humas Politala